√ Contoh Kata Pengantar Makalah, Definisi, Fungsi, Ciri-Ciri

contoh kata pengantar makalah

Saat duduk di bangku sekolah mulai dari SMP dan SMA, biasanya akan mulai dikenalkan dengan dunia tulis menulis khususnya pembuatan makalah. Ada banyak hal yang harus diketahui sebelum mulai membuat makalah yang baik dan benar. salah satu bagian yang tidak boleh tertinggal pada makalah adalah kata pengantar makalah.

Kata pengantar pada sebuah makalah kadang terlihat sepele dan gampang. Akan tetapi, bagian ini membutuhkan kemampuan si penulis dalam memahami struktur makalah yang benar. Ulasan berikut ini akan memberikan gambaran kepada Anda tentang bagaimana contoh kata pengantar yang baik dan benar beserta informasi tambahannya. Simak ulasan dibawah ini!

Definisi Makalah

Sebelum beranjak ke materi kata pengantar, Anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai definisi makalah. Makalah merupakan karya tulis yang memuat ide, gagasan atau buah pemikiran tentang sebuah topik tertentu yang ditulis sistematis dan terstruktur serta mengandung analisis yang objektif dan logis.

Makalah sering disebut dengan karya tulis ilmiah karena mengandung informasi ilmiah mengenai ilmu pengetahuan dan didasarkan pada teori tertentu sesuai dengan topik yang dibahas. Maka, dalam pembuatan makalah harus sesuai dengan kaidah penulisan yang sudah ditentukan.

Fungsi Makalah

Fungsi atau manfaat dari sebuah makalah dibagi menjadi beberapa hal, di antaranya sebagai berikut.

  1. Sebagai alat belajar dalam memahami sebuah masalah beserta cara penyelesaiannya.
  2. Sebagai bentuk penerapan ilmu pengetahuan yang telah dipelajari di sekolah dan dipraktikkan secara nyata di lingkungan.
  3. Memberikan wawasan yang lebih luas tentang segala macam permasalahan di kehidupan nyata sehingga lebih peka dan simpati dalam penyelesaian masalah.

Ragam Jenis Makalah

Makalah dibagi menjadi beberapa jenis, di antaranya sebagai berikut.

1. Deduktif

Makalah jenis deduktif lebih mendasarkan pada kajian teori  atau kajian pustaka yang sudah ada dengan masalah yang sedang dikaji. Pustaka atau teori yang diambil harus relevan dengan topik yang dibahas. Anda bisa mencari sumber teori melalui buku atau internet bahkan ebook.

2. Induktif

Makalah induktif adalah makalah dengan cara penyusunan didasarkan dari data empiris. Data empiris yang dimaksud adalah data tersebut diambil secara langsung di lapangan dan sesuai dengan topik bahasan makalah tersebut.

3. Campuran

Makalah campuran merupakan perpaduan antara makalah induktif dan deduktif. Artinya, data yang sudah diambil di lapangan akan disandingkan dengan kajian teori. Dalam hal ini baik data dan teori yang digunakan harus sesuai atau relevan dengan topik masalah yang dibahas.

Ciri-ciri Makalah

Sebuah makalah yang baik dan benar pasti memiliki ciri atau karakteristik khusus. Adapun ciri dari sebuah makalah yang baik dan benar sebagai berikut.

  1. Menunjukkan skill pemahaman isi yang merujuk pada sumber teori yang digunakan.
  2. Menyuguhkan kemampuan dalam menyusun berbagai sumber infomasi dalam struktur tulisan yang baik.
  3. Mempraktikkan pemahaman pelajar atau mahasiswa tentang topik yang sedang dikaji.
  4. Menerapkan keterampilan pemahaman pelajar dalam ilmu pengetahuan yang meliputi prinsip, teori dan prosedur.
  5. Merupakan hasil kajian literatur maupun bentuk laporan pelaksanaan dari suatu kegiatan yang dilakukan oleh pelajar.

Langkah Sistematika Penulisan Makalah

Ada beberapa langkah yang harus Anda ketahui sebelum membuat sebuah makalah. Berikut langkah penulisan sebuah makalah secara sistematis yakni berikut.

1. Sampul atau cover makalah

Pada bagian depan, Anda harus membuat sampul atau cover makalah. Adapun bagian ini terdiri atas judul, logo instansi, data penulis secara lengkap, jurusan, fakultas, kota dan pada bagian bawah adalah tahun makalah dibuat. Aturan penulisan ini sudah baku dan harus Anda lakukan dengan benar.

2. Kata pengantar

Kata pengantar sebuah makalah dimulai dari kalimat pujian kepada Tuhan, gambaran singkat mengenai isi makalah, ucapan terima kasih kepada beberapa pihak, dan harapan penulis terhadap makalah yang dibuat.

3. Daftar isi

Pada bagian ini memuat seluruh isi dalam makalah yang Anda buat mulai dari cover depan hingga bagian daftar pustaka. Anda membuat daftar isi berupa poin makalah yang diberikan nomor halaman sekaligus.

4. Bab 1 Pendahuluan

Bab pendahuluan menjadi bagian penting dalam sebuah makalah dengan struktur latar belakang, rumusan masalah, maksud dan tujuan. Pada bagian ini memberikan informasi umum dan sekilas mengenai pokok masalah yang sedang dikaji.

5. Bab 2 Pembahasan

Pada bab 2 ini berisi tentang pemaparan isi yang berupa fakta-fakta dari hasil penelitian yang sudah dilakukan. Untuk memberikan penguatan dalam tulisan Anda, berikan beberapa referensi yang relevan sehingga gagasan yang dipaparkan lebih valid.

6. Bab 3 Penutup

Bab 3 berisi sebuah kesimpulan dari pembahasan yang sudah dipaparkan. Anda juga bisa menambahkan saran untuk pembaca guna memberikan motivasi kepada pembaca untuk melakukan penelitian lebih lanjut.

7. Daftar pustaka

Pada halaman selanjutnya, Anda harus menyelipkan daftar pustaka sebagai bukti dan referensi teori yang Anda gunakan. Referensi yang bisa masuk dalam daftar pustaka adalah buku, jurnal, tesis, disertasi bahkan internet.

8. Lampiran

Pada bagian akhir makalah, Anda bisa menambahkan lampiran sebagai data pendukung. Lampiran ini bisa berupa sebuah kuesioner, foto kegiatan, salinan rekaman hingga beberapa data pendukung lain yang relevan.

Kriteria Contoh Kata Pengantar Makalah Yang Benar

Dalam pembuatan sebuah makalah yang baik dan benar, bagian kata pengantar menjadi bagian yang tidak boleh ditinggalkan. Anda harus memahami kriteria umum sebuah kata pengantar dalam makalah, di antaranya seperti berikut ini.

  1. Kalimat syukur atas karunia Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Pemaparan tentang diberikannya tugas penulisan makalah.
  3. Pemaparan jenis tugas yang harus dilakukan penulis.
  4. Pemaparan pelaksanaan penulisan makalah.
  5. Pemaparan adanya bimbingan atau arahan dari seorang individu, kelompok maupun instansi.
  6. Kalimat terima kasih kepada beberapa pihak yang telah membantu dalam penulisan makalah.
  7. Harapan penulis untuk makalah yang dibuat dan kesediaan pembaca untuk memberikan saran juga kritik yang membangun.
  8. Menyertakan nama kota dan waktu (tanggal, bulan, tahun) beserta sang penulis tanpa dibubuhi tanda tangan.

Contoh Kata Pengantar Makalah Singkat

Bismillahirrahmaanirrahim. Dengan mengawali nama Allah SWT yang Maha Besar lagi Maha Pengasih. Pertama-tama Kami panjatkan puji syukur atas kehadiratnya karena telah memberikan limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga Kami satu kelompok bisa menyelesaikan pembuatan makalah mengenai budidaya tanaman hidroponik di masyakarat perkotaan.


Makalah ini telah kami susun secara optimal dan mendapatkan banyak bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat terselesaikan dengan lancar. Maka, kami ucapkan terima kasih banyak pada semua pihak yang membantu kami dengan maksimal mungkin khususnya dalam proses pembuatan makalah ini.


Selepas dari banyak hal diatas, kami sungguh sadar bahwa hasil makalah kami masih banyak kekurangan baik struktur susunan hingga tata bahasa. Berdasarkan hal tersebut, kami mengharapkan saran dan kritik dari pembaca sehingga nantinya makalah ini bisa kami tingkatkan menjadi lebih sempurna lagi.


Akhir kata, kami sungguh mengharapkan semoga makalah mengenai budidaya tanaman hidroponik di masyakarat perkotaan bisa memberikan manfaat dan inspirasi kepada para pembaca untuk lebih menyukai bidang pertanian.


Sidoarjo, 1 Februari 2019


Penyusun

Informasi seputar makalah beserta kata pengantar makalah di atas, diharapkan mampu memberikan banyak informasi untuk Anda agar bisa menulis makalah dengan baik dan benar khususnya pada bagian kata pengantar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *