Cara Membuat Website Desa Mudah Tanpa Ribet

cara membuat website desa terbaik

Website Desa – Sebagian besar desa di Indonesia masih begitu banyak menyimpan potensi yang bagus untuk dikembangkan. Tidak hanya sekedar mengembangkan berdasarkan infrastruktur saja, tetapi melakukan kegiatan terkait promosi desa yang harus berkelanjutan.

Salah satu cara untuk mempromosikan potensi desa saat ini adalah dengan menggunakan website desa. Website desa memiliki banyak manfaat sebagai media promosi hingga meningkatkan kredibilitas desa secara online.

Website desa juga merupakan strategi promosi potensi daerah terbaik dan efektif karena mampu terhubung secara langsung dengan masyarakat luas.

Pengertian Website Desa

Website desa adalah jenis website yang khusus dibuat untuk menampilkan informasi tentang desa secara daring (online). Website ini dibuat sebagai sarana pengembangan potensi desa supaya dikenal oleh masyarakat luas.

Website desa ini diharapkan dapat mendorong masyarakat setempat agar tetap senantiasa melakukan sejumlah inovasi yang nantinya akan meningkatkan sisi ekonomi, lingkungan hingga pemberdayaan masyarakat.

Salah satu manfaat website desa adalah nantinya merupakan media pelayanan publik serta manajemen keseluruhan informasi terkait desa tersebut. Dengan demikian untuk mendapatkan informasi seputar desa, masyarakat tidak perlu kesulitan lagi karena segala informasi yang dibutuhkan seputar dana desa maupun berita terkini akan transparan di website desa.

Baca Juga :
5 Langkah Setelah Membeli Domain dan Hosting
Jenis Layanan Hosting Sebelum Membuat Website

Fungsi Website Desa

Web desa dibuat bukan hanya mengikuti perkembangan teknologi dan informasi saja, melainkan ada begitu banyak fungsi dari website desa diantaranya :

Sebagai media informasi

Salah satu fungsi penting dari website desa adalah sebagai media informasi. Informasi berupa segala hal-hal yang menjadi ruang lingkup desa, meliputi profil, potensi desa, berita terkini, transparansi dana desa, hingga kinerja perangkat desa dan sebagainya.

Sebagai media publikasi

Fungsi ini hampir sama sebagai media informasi. Website sebagai media publikasi akan memuat keberadaan desa hingga ke seluruh Indonesia bahkan dunia. Contoh website desa diantaranya adalah Desa Ponggok, Desa Melung, Desa Karang Mojo, dll. Melalu webste desa, masyarakat di segala penjuru akan mengenal desa tersebut secara mendetail.

Sebagai sarana pengumuman desa

Fungsi berikutnya yaitu website yang berfungsi sebagai saranan pengumuman desa. Jadi apabila desa tersebut akan mengedarkan pengumuman maka tidak perlu repot lagi untuk memberikan pengumuman. Karena pengumuman tersebut bisa langsung diupload dan dibagikan melalui website desa & dapat diakses oleh warga desa setempat dimanapun mereka berada.

Sebagai sarana potensi desa

Website desa juga berfungsi sebagai sarana untuk mengembangkan potensi desa, bisa juga menjadikan website tersebut sebagai pasar online desa. Pasar online desa ini akan menyajikan keseluruhan informasi seputar potensi industri kreatif yang ada di desa tersebut, jadi diharapkan website desa tersebut sebagai media promosi dari industri kreatif di desa.

Contoh Website Desa Terbaik

Desa Melung

Website Desa Melung

Desa Ciburial

Website Desa Ciburial

Desa Pegiringan

Website Desa Pegiringan

Desa Beji

Website Desa Beji

Cara Membuat Website Desa

Untuk membuat sebuah website desa, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Berikut cara membuat website desa mudah tanpa ribet.

Daftarkan domain desa dengan ekstensi desa.id

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika membuat website khusus desa yaitu dengan mendaftarkan domain dengan ekstensi desa.id. Pendaftaran domain ini harus dengan persetujuan pihak yang berwenang. Pendaftaran domain desa.id dengan waktu satu tahun biasanya tidak dikenakan biaya. Akan tetapi untuk perpanjangan akan dikenakan biaya sesuai dengan provider layanan domain.

Memilih layanan hosting yang terpercaya

Setelah mendaftarkan domain, langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan hosting untuk membuat website. Hosting berfungsi sebagai tempat penyimpanan seluruh file ke dalam suatu server sehingga menjadikan website tersebut mudah diakses via online.

Jadi, sangat penting untuk memilih layanan hosting dengan server prima yang nantinya akan memberikan akses kecepatan website lebih optimal.

Melakukan instalasi WordPress

Setelah mendaftarkan domain dan memilih hosting, langkah berikutnya Anda dapat melakukan instalasi WordPress untuk website Anda. WordPress bertujuan guna memudahkan Anda untuk mengelola konten website desa. WordPress akan memberikan kemudahan Anda untuk mengelola, optimasi serta maintenance konten website Anda dengan cepat.

Melakukan layouting website dengan tema yang sesuai

Setelah sukses melakukan instalasi WordPress, langkah selanjutnya adalah melakukan layouting / tampilan website. Pilihlah tema website yang minimalis, responsif dan memudahkan user / pengunjung website untuk betah / nyaman saat mengunjungi website Anda.

Memasang plugin terbaik

Langkah terakhir dalam pembuatan website desa adalah dengan memasang plugin terbaik yang cocok untuk website. Plugin merupakan aplikasi / fitur tambahan yang penting bagi sebuah website. Plugin ini sangat bermanfaat agar fungsi website menjadi optimal. Contoh plugin rekomendasi yang wajib ada di website antara lain : Yoast SEO, Contact Form 7 & LiteSpeed untuk kecepatan website

Penutup

Website desa sangat bermanfaat sebagai sarana informasi sekaligus publikasi segala kegiatan yang terdapat di desa. Dengan website desa tersebut, maka diharapkan proses penyuluhan terkait layanan masyarakat maupun pengembangan potensi desa akan semakin baik karena semuanya transparansi dan masyarakat mampu untuk mengaksesnya.

Jika Anda berminat untuk membuat website untuk desa Anda, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami siap membantu Anda untuk membuat website desa dengan optimal & professional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *