√ 5 Langkah Setelah Membeli Domain dan Hosting

langkah setelah membeli domain dan hosting

Langkah setelah membeli domain dan hosting – Domain merupakan sebuah nama yang digunakan untuk mengetahui alamat server, dimana adanya nama domain membuat server bisa di akses oleh pengguna internet.

Dalam dunia website sendiri domain terdapat versi gratis dan juga berbayar.

Tentu saja setelah mempunyai domain ini, ada beberapa hal penting dan langkah – langkah setelah membeli domain yang harus dilakukan.

Umumnya domain bisa Anda beli melalui berbagai situs, salah satu tempat beli domain dengan harga murah yaitu Niagahoster. Tentu saja nama domain tersebut bisa dibuat sesuai dengan keinginan Anda.

Langkah Setelah Membeli Domain dan Hosting

Menyiapkan Email Khusus

Setelah Anda membuat dan membeli nama domain, maka segeralah untuk menciptakan email baru.

Nantinya email tersebut akan digunakan sebagai email khusus website, disini Anda bisa menerima domain dan hosting baru melalui email tersebut.

Apabila website sudah selesai dibuat, email akan berguna untuk berbagai hal.

Misalnya saja untuk log in, menerima pesan, memperlancar bisnis, dan masih banyak lagi lainnya.

Baca Juga : Mengenal Jenis Layanan Hosting

Menyinkronkan Domain dan Hosting

Pada dasarnya domain dan hosting memang tidak dapat dipisahkan, kedua komponen inilah yang akan membuat website dapat dijalankan.

Setelah domain siap untuk digunakan, maka buatlah juga hosting untuk website tersebut. Web hosting termurah di Indonesia Niagahoster bisa menjadi pilihan Anda.

Sinkronkan kedua komponen ini dalam pengelola website yang Anda pilih. Jangan khawatir karena sebagian besar situs penyedia hosting, menyediakan pengaturan sinkronisasi domain dan hosting yang telah Anda buat.

Tentukan Jenis Website

Jangan lupa juga untuk menentukan isi dari website yang Anda miliki, misalnya saja sebagai blog pribadi, website resmi, hingga untuk berjualan.

Dengan mengetahui jenis serta fungsi website, maka Anda bisa mulai mendesain website sesuai dengan kebutuhan.

Untuk dapat mendesain website dengan baik dan benar, Anda perlu mempelajari yang namanya HTML.

Komponen inilah yang biasa disebut dengan bahasa pemrograman, dimana ia berisi seputar perintah berupa tulisan dan simbol-simbol.

Mulai Mengelola Website

Apabila Anda telah selesai mendesain website sesuai dengan keinginan, maka tahap selanjutnya adalah mulai mengelola website.

Pengelolaan disini bisa berupa pembuatan informasi data, pembuatan konten, hingga meningkatkan pelayanan yang ada.

Diperlukan konsistensi yang tinggi agar website bisa memiliki feed yang bagus, Anda juga harus bersabar agar website mempunyai rating yang tinggi.

Diperlukan waktu yang cukup lama untuk membuat website menjadi terkenal, hal ini dikarenakan website baru mempunyai perkembangan yang cukup lambat.

Sambungkan dengan Sosial Media

Agar domain dan hosting website bisa banyak di akses, Anda wajib mempromosikannya melalui berbagai media.

Salah satunya ialah media sosial yang populer di zaman sekarang, buatlah akun sosial media khusus untuk bisa dihubungkan dengan website yang Anda buat.

Sosial media ini sangat berguna untuk mempercepat pertumbuhan website, dimana Google atau search engine bisa lebih sensitif lagi terhadap website tersebut.

Usahakan berilah nama akun sosial media mirip atau serupa dengan alamat domain, hal ini bisa membantu website untuk berada di tingkat paling atas search engine saat pengguna internet mencari konten yang sejenis dengan website Anda.

Banyak sekali hal penting yang harus dilakukan untuk menyempurnakan sebuah website, terutama saat sudah membeli domain baru milik Anda sendiri.

Langkah setelah membeli domain dan hosting di atas adalah cara yang efektif untuk membuat website berkembang dengan baik, terutama agar website bisa ramah terhadap mesin pencari Google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *