√ Cara Cek NISN Siswa SD, SMP, SMA / SMK Secara Online (Terlengkap)

cara cek nisn siswa online

Cek NISN Siswa Secara Online dan Mudah Dipraktekkan

NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional adalah sebuah layanan sistem yang digunakan untuk mengelola nomor induk siswa secara nasional dan langsung dikelola oleh Pusat Data dan Statistika Kemdiknas.

NISN merupakan salah satu program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Layanan NISN ini menggunakan sistem komputerisasi online dan terpusat untuk mengelola nomor induk siswa dengan skala nasional sesuai dengan Standar Pengkodean yang sudah ditentukan oleh Kemdiknas.

Setiap siswa yang sudah terdaftar dalam layanan NISN akan diberikan kode pengenal berupa identitas siswa (NISN yang terdiri dari 10 digit nomor kode).

Setiap nomor siswa bersifat unik, artinya nomor siswa satu dengan lainnya berbeda – beda.

NISN bersifat unik dikarenakan 3 nomor awal didapat dari tahun lahir siswa tersebut, misalnya tahun lahir siswa tersebut 2004 maka 3 digit awal NISN siswa tersebut adalah 004, kemudian 7 digit berikutnya merupakan kode unik dan diacak dari sistem komputer.

Baca Juga :
Cara Mengetahui Password Wifi
Cara Setting Auto Macro PB AWP

Penentuan dan pemberian kode tersebut dilakukan secara otomatis dengan menggunakan sistem komputer yang ada di Pusat Layanan NISN.

Pemberian kode pengenal identitas siswa (NISN) tersebut dilakukan berdasarkan input atau pengajuan sumber data siswa yang telah diverifikasi oleh tiap sekolah dan Dinas Pendidikan secara online.

Hasil dari pemberian kode setelah diidentifikasi oleh pusat sistem NISN tersebut akan ditampilkan secara terbuka dengan batasan tertentu melalui situs NISN.

Cara Cek NISN Siswa TK, SD, SMP, SMA / SMK

Anda bisa mencari atau mengecek NISN siswa dengan mudah melalui internet dengan mengunjungi situs NISN (http://nisn.data.kemdikbud.go.id).

Anda juga bisa mengecek atau mencari NISN dengan menggunakan dua cara :

  1. Mencari NISN siswa berdasarkan NISN
  2. Mencari NISN dengan identitas lengkap (nama lengkap, tempat tanggal lahir siswa

1. Cara Mengecek NISN Siswa SD, SMP, SMA / SMK Berdasarkan NISN

Untuk mengetahui NISN siswa berdasarkan NISN sangatlah mudah dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Pertama silahkan mengunjungi website NISN DISINI
  • Kemudian masukan NISN Anda di kolom yang sudah tersedia kemudian klik Cari.
  • Silakan Anda lihat hasilnya, maka akan muncul hasil pencarian untuk NISN yang sudah Anda inputkan tadi lengkap dengan keterangan siswa seperti NISN siswa, nama siswa, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir siswa.

2. Cara Mengecek NISN Berdasarkan Nama Siswa, Tempat dan Tanggal Lahir Siswa

Jika Anda tidak mengetahui NISN siswa, maka kalian dapat mencari NISN dengan menggunakan identitas lengkap siswa.

Identitas lengkap siswa yang dapat diisikan yaitu nama lengkap siswa beserta tempat dan tanggal lahir siswa.

Berikut langkah-langkahnya :

  • Silakan Anda mengunjungi situs website NISN DISINI
  • Kemudian pilih Pencarian Berdasarkan Nama
  • Kemudian masukkan nama lengkap siswa beserta tempat dan tanggal lahir yang ada di kolom tersedia.
  • Kemudian silakan melihat hasil dari pencarian NISN, akan muncul informasi berupa NISN, nama siswa, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir siswa.

Itulah 2 cara lengkap untuk mengecek dan mencari tahu NISN siswa. NISN siswa dapat ditemukan jika data siswa sudah valid.

Jika data siswa belum valid, Anda dapat menghubungi pihak operator dari sekolah siswa tersebut.

Setelah Anda sudah mengetahui NISN, Anda juga harus mengetahui manfaat dan NISN itu apa saja. Berikut manfaat dari NISN yang perlu Anda ketahui :

Manfaat NISN

  • Memverifikasi setiap peserta didik sekolah di seluruh Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.
  • Pusat pelayanan sistem pengelolaan NISN secara online untuk unit-unit kerja KEMDIKNAS, kemudian Dinas Pendidikan Daerah sampai dengan Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi.
  • Sebagai sistem pendukung dari program Dapodik dalam pengembangan serta penerapan program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan hingga program pendidikan yang lain baik berupa di tingkat pusat, provinsi, kota, kabupaten sampai dengan sekolah seperti Ujian Nasional, program BOS, Pangkalan Data dan Informasi Pendidikan, Sistem Informasi Manajemen Sekolah sampai dengan program Beasiswa PIP.

Cara Mendapatkan NISN

Bagi para siswa yang berada di bangku SD akan mendapatkan NISN dari sekolah mereka masing-masing.

Operator sekolah tersebut akan mengajukan NISN bagi siswa baru yang terdapat di sekolah.

Pengajuan NISN siswa tersebut dilakukan melalui link http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/. Jika hal yang sama terjadi bagi siswa SMP, SMA / SMK yang belum memiliki NISN maka dapat diajukan juga oleh Operator sekolah tersebut melalui link yang sama seperti diatas.

NISN yang didapat dari situs vervalpd tersebut nantinya akan terhubung dengan aplikasi dapodik baik itu dapodikdas maupun dapodikmen setelah operator sekolah tersebut telah melakukan verifikasi dan validasi di website vervalpd tersebut.

NISN berlaku sejak siswa berada dalam jenjang pendidikan dari SD sampai dengan SMA/SMK.

Penyebab Siswa dan Guru Mencari / Mengecek NISN Siswa

Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang baik itu siswa maupun guru untuk melakukan pencarian nisn atau pengecekan data nisn siswa.

  • Jika sekolah terdapat murid baru pada saat awal tahun pelajaran, maka operator sekolah akan menginputkan data siswa baru ke aplikasi dapodikdas atau dapodikmen. Operator sekolah tersebut akan mengecek tahap awal yang merupakan sebuah proses pengajuan pembuatan NISN siswa baru.
  • Pengecekan NISN yang dilakukan operator sekolah tersebut dapat dilakukan kapanpun jika NISN siswa tersebut dirasa diperlukan pengecekan data valid. Hal ini biasanya dilakukan saat siswa akan melaksanakan Ujian Sekolah maupun Ujian Nasional.
  • Jika Ada perubahan data, maka pihak operator sekolah dapat memperbaiki data tersebut melalui website vervalpd.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *